Saturday, August 4, 2018

ALAT DAN MESIN PERTANIAN TRAKTOR RODA EMPAT



Penggunaan alat dan mesin pertanian di era sekarang begitu penting. Karena manusia yang menjadi tenaga kerja memiliki keterbatasan. Keterbatasan yang membuat produksi hasil tidak maksimal. Maka dari itu banyak negara-negara maju yang mengembangkan alat dan mesin pertanian canggih untuk memaksimalkan produksi hasil pertanianya.
Keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki mereka, menjadikan pemacu untuk selalu mengembangkan alat pemaksimal produksi khususnya dalam bidang pertanian. Mulai dari penanaman, pemeliharaan, sampai pemanenan bahkan pasca panen ada. Slaha salah satu alat dan mesin pertanian tersebut adalah traktor. Traktor merupakan alat dan mesin pertanian yang digunakan sebagai pengganti dari tenaga kerja hewan yaitu kerbau ataupun sapi. Kerjanya sebagai pengolah tanah, maupun alat-alat lainya. Traktor yang akan dibahas disini adalah Traktor roda empat.
Traktor roda empat merupakan alat dan mesin pertanian yang cukup maju. Banyaknya jenis serta fungsinya yang perlu diketahui, merupakan latar belakang dari pembuatan makalah ini. Diketahuinya jenis dan fungsi traktor sendiri bisa membuat pengguna maupun yang belum menggunakan bisa faham dan dapat memaksimalkan traktor ini. Traktor roda empat juga mempunyai berbagai jenis atau klasifikasinya. Ada yang khusus kebun, tanah yang keras, wilayah yang luas, ada pula klasifikasi berdasarkan besar kekuatanya.
Selain klasifikasi, yang perlu diketahui juga apa saja fungsi dari traktor roda empat, apakah hanya semata-mata digunakan dalam mengolah tanah atau bisa bermanfaat untuk lainya. Diharapkan dengan selesainya susunan makalah ini bisa dijadikan sebagai referensi tambahan bagi pembaca, maupun para pelajar. Lebih khusus lagi bisa dijadikan pedoman untuk petani atau pembudidaya dalam memanfaatkan traktor roda empat secara maksimal.

A.           Klasifikasi Traktor Roda Empat

Traktor roda empat dapat dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu berdasarkan fungsinya dan daya penggeraknya.
1.      Traktor Roda empat berdasarkan fungsinga antara lain :
a.       Crawler tractor, yaitu traktor dengan roda rantai
b.      Standard Row Crop, umum digunakan di berbagai perkebunan
c.   High clearance, traktor dengan jarak antara badan traktor dan tanah (ground clearance) yang tinggi, cocok untuk perkebunan sayuran atau perawatan tunas
d.   Orchard, traktor yang digunakan di wilayah perkebunan pepohonan yang besar, ukurannya cukup ramping dan mudah membelok
e.       Multipurpose, dapat digunakan untuk berbagai keperluan
f.       Lawn And Garden, untuk kebun
g.      Tree Skidder, digunakan untuk menarik kayu yang baru ditebang
h.      Skid Steer Loader, memiliki loader di depannya
i.       Four Wheel Drive with front steering wheel, traktor 4WD yang roda depannya lebih kecil dari roda belakang. Traktor tipe ini memiliki traksi yang besar sehingga memiliki tarikan yang kuat.
j.     Four wheel drive with equal sized wheel and articulated steel framing. Roda depan dan belakang traktor ini sama besarnya, bisa digunakan untuk lahan yang berat.
2.      Klasifikasi traktor berdasarkan daya penggeraknya, antara lain :
a.       Traktor mikro, <17 tenaga kuda (horsepower)
b.      Traktor mini, 17-29 hp
c.       Traktor sedang, 29-60 hp
d.      Traktor besar, 60-107hp
e.       Traktor sangat besar >107 hp

2 comments:

  1. A very awesome blog post. We are really grateful for your blog post. You will find a lot of approaches after visiting your post. kombájn szállítás

    ReplyDelete