Monday, September 17, 2018

Sitogenetika

     Merupakan ilmu yang mempelajari genetika atau tentang pewarisan sifat dalam tingkatan sel.  Biar gampang diinget begitu aja ya definisinya. Di dalam sitogenetika kita akan berkaitan terus menerus dengan bagian sel mana yang akan mewarisi sifat suatu individu. Sifat yang nantinya diwariskan berupa sifat secara fisik maupun non fisik ya teman-teman. 
     Jadi dimana sih letak bagian dari sel yang akan mewarisi sifat? tempatnya yaitu di inti sel atau biasa kita sebut nukleus, gampangkan diinget. Lebih spesifiknya lagi terdapat kromosom didalam inti sel, ini dia yang akan selalu membersamai kita dalam pembelajaran sitogenetika. 
     Hal yang peru diingat bahwa kromosom merupakan pembawa sifat keturunan atau gen, bukan penetu sifat keturunan. Kebanyakan hal ini bisa salah dipahami ya.. singkatnya kromosom itu yang membawa dan genlah sang penentunya. kemudian, apa sih itu kromosom gampangnya kromosom itu benda berwarna. kalau definisi dapat di ambil dari katanya yaitu chroma dan soma chroma itu warna dan soma itu badan. Lengkapnya bahwa kromosom merupakan struktur (badan) yang terdapat di nukleus mengandung materi genetik berupa gen dan protein, proteinya namanya histon.





No comments:

Post a Comment