Monday, September 17, 2018

Pemahaman tentang Kromosom

 
  Pembawa materi genetik atau gen sang penentu sifat.  Bayangin saja jika kita punya telur tapi tanpa cangkang, maka telur tersebut tidak akan sampai kepada tujuan telur itu baik untuk dimakan, dijadikan individu baru maupun yang lainya tanpa adanya pembungkus ataupun pembawanya.

     Pembahasan berikutnya mengenai kromosom, pembahasan ini merupakan bahasan lanjutan dari postingan sitogenetika. setelah mengetahui apa itu kromosom, selanjutnya apa sih fungsi krmosom sendiri jika kita telah tahu apa itu kromosom?fungsi dari kromosom sendiri yang utama adalah 
     Jelas bahwa, sifat yang terwariskan dari indukan keanakan ditentukan didalam gen, dan pembawa nya dinamakan kromosom. Kemudian kromosom merupakan penciri masing masing makhluk hidup, bisa dibayangkan bahwa setiap individu makhluk hidup itu tidak akan memiliki jumlah kromosom yang sama. Artinya bahwa setiap individu makhluk hidup yang berbeda misal manusia dengan tanaman memiliki jumlah kromosom yang berbeda, dan permisalan lainya.
     Manusia dengan manusia memiliki jumlah kromosom yang sama yaitu 46 atau 23 pasang. Kromosom tumbuhan satu dengan yang lainya berbeda misal pohon pisang akan beda jumlah kromosomnya dengan nanas ataupun salak. Bisa dikatakan apabila suatu spesies yang tidak bisa menghasilkan individu baru secara normal bisa terjadi karena kromosom yang berbeda. dengan kata lain individu yang memiliki kromosom yang berbeda tidak akan pernah mendapatkan individu dari perkawinan yang normal.
      Nah yang penting lagi, kapan sih kromosom dapat dilihat? apakah setiap kita melakukan pengamatan di mikroskop pada suatu sel yang telah kita ambil dapat dilihat kromosom secara langsung? ternyata tidak kromosom hanya dapat dilihat ketika proses pembelahan sel terjadi karena pada proses pembelahan sel inilah kromosom mulai menyebar dan mereplikasi dirinya. Tepatnya kromosom dapat dilihat yaitu saat proses metafase.  Kata dosenku pak Pardjanto namanya bahwa kromosom itu hanya dapat dilihat waktu membelah karena kromosom itu terdiri dari benang yang yang panjang dan sangat tipis, lah saking tipisnya tidak mudah dilihat. Saat membelah kromosom itu mulai menebal dan jadi pendek nama prosesnya kondensasi.

     Kromosom juga memiliki bagian-bagian yang perlu diketahui dan dipahami, pertama yaitu sentromer atau lekukan primer, kedua satelit kromosom atau ujung lekukan sekunder, ketiga Telomer dan terakhir lengan kromosom.
Yang menarik dan sangat perlu dipahami adalah apa sih sebenarnya kromatid, karena secara defisnisi kromatid merupakan anakan dari kromosom. Apabila kromosom punya anakan, maka pada satu gambar yang kita dapatkan akan kita beri nama kromatid ataukah kromosom..??
Jadi gambar yang biasa kita lihat yaitu bentuk kromosom yang seperti huruf x merupakan gambar kromosom saat pembelahan terjadi. Sebenarnya kromosom jika dapat dilihat selain waktu pembelahan bentuknya hanyalah lurus, atau tidak membentuk huruf x.
Jadi bagian anakan kromosom atau kromatid pasti ada ketika pengamatan dilakukan karena pengamatan akan selalu dilakukan ketika pembelahan. jadi kromosom itu ya seperti gen karena isi kromosom sendiri gen dan protein.


Bentuk bentuk Kromosom berdasarkan letak sentromer, lihat di gambar sangat mudah. Terakhir yaitu Kromosom Homolog yaitu pasangan kromosom yang identik dalm identik ukuran, bentuk, dan kandungan gen.
Perlu diingat bahwa kromosom itu punya pasangan namun dalam pengamatan yang dilakukan pada sebenarnya kromosom saling menyebar, antar pasangan tidak menempel atau layaknya pasangan manusia.wkwk dan setiap individu yang normal pasti punya pasanganya.

No comments:

Post a Comment