Friday, March 20, 2020

Universitas Seribu Kenikir (UNS-K)


UNIVERSITAS SERIBU KENIKIR


Kenikir Hias (Kuning &Orange)
Akhir-akhir ini saya perhatikan Universitas Sebelas Maret (UNS) mulai ada kemajuan dibidang penghijauan. semboyan Go-Green yang terus digalakan bukanlah isapan jempol semata. UNS sekarang telah berubah. Banyak perubahan khususnya dibidang penghijauan. Banyak sekali 4 tahun terakhir ini berbagai macam tanaman yang ditanam. Mulai dari pohon, sampai tanaman berbunga (Kenikir,dan Bunga Kertas/Zinnia).

Tanaman yang benar-benar menonjol dan sangat terlihat pesat dalam pengembanganya adalah tanaman kenikir (Cosmos caudatus). Tanaman kenikir terlihat begitu indah. Bunganya berwarna kuning dan orange. ya, kuning dan orange... dan tidak ada yang berwarna pink, itu artinya kenikir yang ditanam bukanlah kenikir yang biasa dijadikan lalapan, atau daunya bisa dimakan secara langsung. Perlu diketahui bahwa kenikir yang sering tumbuh disekitar kita itu dibedakan menjadi 2 yaitu kenikir yang buat lalapan dan yang kedua kenikir untuk tanaman hias.

Kenikir Lalap (bunga merah muda)
UNS menanam tanaman ini sangatlah banyak. Mulai gerbang depan sampai gerbang belakang, pasti ditemui tanaman ini. Maka dari itu pantas bahwa UNS merupakan universitas seribu kenikir. (pendapat penulis) Jumlahnya sangat banyak. hampir disetiap fakultas yang ada di UNS, terdapat bunga ini. Cantik bentuknya dan indah warnanya. Namun sesuatu yang berlebihan juga sebenarnya tidaklah bagus. 

Tanaman kenikir sangat mudah untuk diperbanyak. Penyerbukan sendiri yang dilakukan tanaman ini menyebabkan biji yang dihasilkan hampir seluruhnya bisa tumbuh. Bahkan tanpa dilakukan perbanyakan secara sengaja oleh manusia biji yang jatuh ketanah dengan sendirinya akan menghasilkan anakan. 

Sebenarnya mengapa sih UNS menanam tanaman ini begitu banyak, baiklah kita uraikan alasanya.
Menurut pribadi penulis yang merupakan mahasiswa pertanian prodi Agroteknologi, Alasan UNS menanam bunga ini karena:

1. Harganya Murah
2. Bentuknya lumayan cantik
3. Warnanya indah
4. Mudah diperbanyak
5. Bunga tahan lama
6. Jarang terkena hama dan penyakit
7. Bisa untuk selfi (eaak)
8. Sebagai konservasi musuh alami dan polinator (bee) 

Kenikir hias merupakan tanaman konservasi, yang biasa digunakan sebagai tanaman refugia. Sebenarnya tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman refugia karena fungsinya sebagai tempat tinggal sementara musuh alami. Musuh alami yang biasanaya mencari mangsa berupa hama akan semakin nyaman dan melimpah manakala tempat tinggalnya tersedia dan tidak dirusak.

Sebagian musuh alami atau polinator juga akan memanfaatkan pollen yang dihasilkan sebagai makanannya. kita ambil contoh kumbang cocsinela.. kumbang yang merupakan predator bagi kutu daun, kumbang ini ketika fase dewasa (kumbang) akan mencari makanan tambahan berupa pollen atau serbuk sari. Maka dengan adanya tanaman berbunga makanan kumbang akan selalu tersedia.

Akhirnya, UNS bagi saya pribadi merupakan universitas yang perlu dibanggakan karena sudah menanam tanaman yang kaya manfaat untuk lingkungan. Akan lebih baik lagi apabila kenikir yang melimpah bisa dijadikan sarana edukasi bagi mahasiswa, dan masyarakat secara luas. Saran untuk perngembangan tanaman ini yaitu perlu penataan tanaman kembali agar bermanfaat  indah dan menawan...
Selamat Ulang Tahun UNS
Dies Natalis ke 44
Dokumentasi Keadaan
UNS

No comments:

Post a Comment