Saturday, August 4, 2018

SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KALENDER TANAM TERPADU


Badan Penelitian dan Pengambangan Pertanian
Kementrian Pertanian
Ulasan teknologi
Kalender tanam (Katam) terpadu merupakan sebuah program yang diterbitkan oleh badan penelitian dan pengembangan kementerian pertanian(balitbang). Bentuknya berupa sistem teknologi informasi kalender tanam terpadu. Informasi yang tersedia didalamnya mudah dipahami cepat, akurat serta gratis dalam pemecahan masalah para petani, terutama masalah iklim. Katam terpadu ini juga digunakan untuk membantu petani mencari solusi dan permasalahan yang dihadapi.

Informasi bisa didapatkan menggunakan HP jadul yaitu dengan SMS, HP android yaitu melalui aplikasi android dan Laptop Pc menggunakan web. Adanya teknologi ini petani bisa tepat waktu, tepat varietas dan pupuk. Dikembangkan berdasarkan dinamika dan prediksi iklim yang diperoleh dari BMKG.Produk web ini dapat diakses melalui http://katam.litbang.deptan.go.id/ dan menjadi pedoman bagi pengguna sebelum memasuki musim tanam ke depan. Informasi kalender tanam terpadu  tersedia sampai tingkat kecamatan dan meliputi


  1. ·         Prediksi awal waktu tanam,
  2. ·         Estimasi luas tanam,
  3. ·         Potensi wilayah rawan banjir dan kekeringan,
  4. ·         Potensi serangan organisme pengganggu tanaman(Hama dan Penyakit), 
  5. ·         Rekomendasi varietas,
  6. ·         Serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk.
  7. ·         Informasi tentang ketersediaan alat dan mesin pertanian atau alsintan

Sistem teknologi informasi kalender tanam terpadu bersifat dinamis maka perlu pembaruan agar lebih akurat.Layanan programini tidak hanya padi namun ada juga untuk jagung dan kedelai.

Gambar Alur pengembangan sistem teknologi informasi kalender tanam terpadu oleh Fadhlullah Ramadhani, Eleonora Runtunuwu, dan Haris Syahbud. Informasi yang di dapat dari SMS akan berbeda, hanya bisa mendapatkan informasi katam, pupuk dan varietas. Program katam ini sudah dapat diakses melalui aplikasi android di play store, dengan nama Katam Terpadu Versi Ringan. Cara penggunaanya uda ada di video.

Informasi yang dapat diperoleh di basis Android yaitu
  1. ·         Estimasi luas tanam,
  2. ·         Potensi wilayah rawan banjir dan kekeringan,
  3. ·         Potensi serangan organisme pengganggu tanaman(Hama dan Penyakit),
  4. ·         Rekomendasi varietas,
  5. ·         Serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk.
  6. ·         Informasi tentang ketersediaan alat dan mesin pertanian atau alsintan

Walaupun nama kecamatan di Indonesia ada yang sama, maka akan ada anjuran untuk menulis ulang kecamatan yang dikehendaki sesuai dengan perintah yang nanti teretara (Versi Android).
Penggunaan Katam terpadu dengan PC yaitu berbasis web

Tampilan berbasis web, tampilan yang tersedia begitu lengkap, paling lengkap daripada kedua tampilan yang sebelumnya yaitu SMS dan via Android.
Didalamnya terdapat berbagai fitur yang akan sangat membantu petani bahkan penyuluh juga dapat terbantu.

Potensi Teknologi
Sistem informasi basis web ini mempunyai potensi semakin canggihnya petani petani sekarang hal itu  disebabkan dengan adanya sistem informasi yang seperti ini dapat membatu petani generasi muda lebih menguasai akses informasi terbaru tentang pertanian. Dengan ini pula akan berpotensi semakin naiknya pendapatan para petani karena tanam yang sesuai, tidak hanya masa tanam namun juga penggunaan pupuk, alsintan, dan gangguan lainya dapat diketahu lewat sistem informasi ini. Potensi lain dari sistem ini adalah akan menjadi pedoman yang tepat bagi petani dalam mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Selain itu nantinya sistem informasi ini juga berpotensi memuat seluruh tanaman, khusunya untuk tanaman pangan, bahkan kemungkinanya berpotensi sampai tingkat desa dengan ke akuratan yang tinggi, yang selalu terupdate, terbarukan oleh pemerintah. JJ
Penyusun Norman Wijaya,

No comments:

Post a Comment