Sunday, March 3, 2019

Kemiri Sunan Tanaman Masa Depan Guna Mendukung Perkembangan Biodiesel Nasional

  Kementerian pertanian Indonesia telah mengapresiasi munculnya inovasi pemanfaatan tanaman kemiri sunan yang bisa menjadi bahan utama dalam pembuatan biodisel. Tanaman kemiri sunan merupakan tanaman masa depan yang memiliki prospek tinggi. Mudahnya tanaman ini untuk ditanam pada lahan marginal membuat pemerintah lebih gencar dalam pengembangan lebih lanjut. Misalnya saja, mandat yang diberikan kepada Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar untuk memproduksi kemiri sunan sebagai bahan biodisel. Beberapa manfaat dengan datangnya tanaman masa depan adalah sebagai berikut:


Ilustrasi Pengalihan BBM menjadi BBN
1. Berkurangnya konsumsi BBM, Masyarakat yang kecendrungan mengkonsumsi BBM, akan dialihkan menggunakan biodisel sebagai penggantinya. caranya yaitu masyarakat bisa diberikan edukasi bahwa dengan menggunakan biodisel bahan baku kemiri sunan selain ramah lingkunganjuga bisa mensejahterakan petani-petani perkebunan.

2. Konservasi Lahan, Lahan yang kritis masih bisa ditanami dengan kemiri sunan, hal tersebut menjadikan lahan marginal dapat dimanfaatkan dan alhasil akhirnya bisa meningkatkan kesuburan tanah tersebut.
Kebun Terpadu Kemiri Sunan
3. Petani Sejahtera, dengan manfaat kemiri sunan yang dijadikan biodisel menjadikan petani semakin makmur, artinya penghasilan petani bisa bertambah, apabila kebutuhan kemiri sunan semakin bertambah.
Gambar 3 Pohon Kemiri Sunan yang dijadikan Pohon Penaung
4. Menjadi pendukung tanaman lain, Salah satunya berupa menjadi pohon pelindung tanaman kakao, walaupun tidak disarankan namun penggunaannya sudah mulai diterapkan di KP. Pakuwon Balittri Sukabumi (gambar 3) pada tanaman kako yang belum menghasilkan. Tajuk atau kanopi yang rimbun membuat tanaman kemiri sunan ini cocok untuk dijadikan pohon pelindung pada tanaman kakao belum menghasilkan. Tentunya kebun diatas menunjukan bahwa kebun terpadu berbasis agroforestry itu sangat mungkin dilaksanakan pada tanaman-tanaman menghasilkan

Apresiasi Kemetrian Pertanian dapat di lihat pada Video Berikut ini
Dengan dihasilkanya biodiesel B100 dapat menghemat visa, ramah lingkungan, dan dengan memenuhi kebutuhan dalam negeri  terlebih dahulu ketika CPO lagi naik petani bisa sejahtera, ditambah lagi lapangan pekerjaan terbuka (Video).



No comments:

Post a Comment